Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis system informasi. Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini?? Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja?? Mengapa demikian ??
Jawab :
- Kelebihan : Si akuntan dapat menjadi lebih fokus pada pekerjaannya dalam hal laporan keuangan dan hasilnya pun dapat lebih maksimal dan lebih efektik.
- Kelemahan : Akuntan tidak dapat fokus dengan pekerjaan intinya, karena harus terpaku dan melakukan dua pekerjaan sekaligus maka bebannya pun semakin berat dan besar dan akan berdampak pada hasil yang tidak maksimal.
Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil. Elemen-elemen pengendalian internal apa yang menurut anda dapat mengimbangi ancaman tersebut ??
- Lingkungan pengendalian
- Penilaian resiko
- Informasi dan komunikasi
- Aktifitas pengendalian
- Monitoring
Secara teoritis, suatu prosedur pengendalian perlu digunakan jika keuntungannya melebihi biayanya. Jelaskan cara memperkirakan keuntungan dan biaya dari pengendalian berikut ini :
- (A) . Dapat menghemat waktu dan menjadi lebih fokus pada pekerjaan utamanya dan hasil nya pun menjadi lebih akurat, efektif, dan efesien.
- (B) . Dapat mempermudah dalam proses pencarian data, jadi setiap tugas apapun/data sudah mempunyai tempatnya masing2 sehingga menjadi lebih teratur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar